Rabu, 20 Februari 2013

contoh usulan proposal usaha ayam potong IPMASTIM


A.     Dasar Pemikiran
Dunia kampus merupakan sebuah wadah ilmiah dalam proses pembelajaran sebagai  wadah pemberdayaan manusia dalam wawasan dan tindakan. Mahasiswa sebagai stacholders dalam pembangunan. Terlepas sebagai sebuah agen perubahan (agent of change),  tentunya pembelajaran tidak hanya disenyam dalam dunia kampus tetapi juga pembelajaran dalam wadah eksternal seperti keterlibatan dalam dunia organisasi dalam wadah pembelajaran yang bersifat internal dan eksternal.
Atas dasar realita empirik diatas sekiranya pengembangan  pemberdayaan anggota maupun selaku mahasiswa yang dapat mengaplikasikan  teori yang ditemukan dalam dunia kampus sekaligus sebagai wadah pembelajaran bersama bagi anggota yang mempunyai besic ilmu lain sehingga dapat mendorong kreativitas usaha mandiri kelak dalam lingkungan masyarakat. Sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan yang merupakan cipayung dari seluruh mahasiswa asal Kabupaten Sumba Timur yang sedang melanjutkan studi kuliahnya di kupang yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Asal Sumba Timur (IPMASTIM)  Kupang yang aktualisasi programnya dalam berbagai bidang salah-satunya bidang pemberdayaan usaha produktif anggota yakni “Usaha Ayam Potong dan Usaha Ikan Lele Dumbo” dengan sebuah cita-cita luhur yakni pengembangan kapasitas anggota sebagai sosok leadersip yang mandiri.  
B.     Waktu dan Tempat
1.      Waktu mulai pelaksanaan kegiatan wirausaha mandiri “Namu Angu” pada bulan maret 2013
2.      Tempat pelaksanaan kegiatan wirausaha mandiri “Namu Angu” ini tepatnya di asrama mahasiswa sumba timur (as. Pada njara hammu) Jl bumi II Block capricornus no 05 kelurahan oesapa selatan kecamatan kelapa lima.



C.     Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam usaha ayam potong yakni :
1.      Pemberdayaan anggota dalam berwirausaha
2.      Pengaplikasian teori yang didapatkan dalam dunia kampus
3.      Kesejahtraan anggota dalam pengembangan organisasi seperti :
a.       Membantu biaya registrasi perkuliahan anggota
b.      Membantu biaya kesehatan  bagi anggota yang sakit
c.       Membantu roda perjalanan organisasi
D.     Desain program
Desain program yang hendak didesain yakni desain kandang ayam potong dan usaha ikan lele dumbo yang memperhatikan aspek suhu, sterlisasi kandang, penanganan feses ayam potong.
E.      Rancangan anggaran biaya (RAB) pemeliharaan
Adapun rancangan anggaran biaya (RAB) sebagai berikut :

F.      Penutup
Demikian usulan proposal wirausaha mandiri “Namu Angu” ini kami buat untuk dipertimbangkan. Kami hanya mempunyai sebuah cita-cita tetapi semua ini tidak terlepas dari kontribusi pemikiran dan finansial dari bapak/ibu saudara/i sekalian demi kebermaknaan pelakasanaan wirausaha mandiri ini, kiranya sang maha pencipta selalu meridhoi segala tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan. Sekian dan terimakasih
G.     Lampiran
a.       Struktur organisasi wirausaha mandiri “NAMU ANGU”

b.      Identitas kemasiswaan
c.       Kartu anggota Ikatan Pelajar Mahasiswa Asal Sumba Timur (IPMASTIM) Kupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar